Pada saat ini di era digital ini, banyak yang beralih pola belanjanya dari berbelanja barang secara offline menjadi ke berbelanja secara online. Berjualan barang secara online tentunya sedikit banyak ada perbedaannya dengan jika berjualan secara offline yang seperti biasanya, dengan cara konvensional. Nah berikut ini adalah beberapa tips tentang cara jual online laris sebagai berikut.

Pilih dan Kenali Produk Jualan

Sebagai penjual tentunya haruslah mengetahui dengan benar produk yang akan dijualnya. Untuk itu bisa dilakukan studi kelayakan bisnis dulu sebelum memilih produk apa yang akan dijual secara online itu, antara lain guna mengetahui ada atau tidaknya pasarnya dan kalau ada pasarnya maka cari tahu juga mengenai seberapa besar pasarnya, lantas apakah sudah banyak penjualnya yang ada di pasar produk tersebut, yakni seberapa ketat persaingannya, dan lain sebagainya hingga menemukan pilihan produk yang tepat yang berpotensi untuk mudah dan laris dijual. Kenali juga detail produk jualannya, yaitu sebagai contohnya kalau produk itu berupa baju, maka harus tahu benar mengenai spesifikasi setiap jenis baju yang dijual, yakni antara lain meliputi ukuran atau sizenya, lalu bahannya, juga ketersediaan pilihan warnanya dan lain sebagainya. Pastikan juga bahwa model pakaian tersebut tidak ketinggalan jaman, dan sedang menjadi trend, populer dengan jumlah calon pembeli potensial yang banyak jumlahnya, atau setidaknya modelnya klasik dan tetap memiliki banyak peminat tiap saat. Ketahui juga mengenai kelebihan dan kekurangan dari produk yang ingin dijual.

Menentukan Tempat Jualan

Langkah berikutnya adalah menentukan tempat jualan yang tepat untuk produk yang akan dijual. Sebelum memutuskan maka cari tahu dulu mengenai lokasi jualan online yang tersedia beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Di internet saat ini sudah tersedia beragam media tempat jualan online. Terdapat banyak sekali pilihan tempat jualan online yang bisa dipilih untuk menjadi media jualannya. Berikut beberapa pilihannya berdasarkan kategori sebagai berikut.

Media Sosial

Yakni contohnya seperti ada Facebook atau juga Instagram.

Marketplace

Yakni seperti contohnya ada situs Shopee, lalu ada juga Lazada, kemudian ada Tokopedia, dan ada jug Bukalapak, dan lain sebagainya.

Website Resmi

Atau berikutnya bisa dengan membuka website toko online sendiri yang resmi. Guna pembuatan website toko online yang bagus maka bisa meminta bantuan desain dan pemeliharaan atau upaya optimasi kepada penyelenggara jasa digital marketing atau jasa pembuatan website.

Dari sekian banyak ragam pilihan media jualan tersebut maka masing-masing akan memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri-sendiri. Tinggal pilih media tempat jualan online yang sesuai dengan jenis produk jualan maupun tipe gaya bisnisnya. Seperti jika memilih media Instagram misalnya maka karakteristik dari calon pembelinya adalah yang lebih menyukai tampilan foto-foto produknya, yang terlihat menarik, indah dan cantik yang tertata rapi, sementara untuk media berupa tempat jualan online marketplace maka karakteristik calon pembelinya adalah yang lebih fokus pada detail keterangan foto produk yang terpasang dan lain sebagainya. Ada tips juga untuk berjualan di marketplace itu, yakni beri pilihan atau buat pengkategorian produk yang tidak dalam jumlah yang terlalu banyak, sehingga calon konsumen tidak kebingungan dalam memilih, paling banyak antara 4 hingga 6 pilihan saja. Lalu juga tempatkan di urutan pertama yang bisa langsung terlihat oleh calon pembeli produk yang memberi tingkat keuntungan yang paling banyak, atau bisa juga ditempatkan di susunan yang pertama suatu jenis produk yang stok persediaannya masih banyak, yang kurang laris, agar dapat lebih cepat terjual dengan sesegera mungkin. Kemudian jangan lupa sertakan tag barang terlaris, atau produk paling murah, atau tag sebagai produk baru dan tag lain sebagainya yang akan dapat memudahkan penjualan dan akan membuat produk tersebut jadi laris terjual. Mengenai website, maka ada kelebihannya tersendiri juga, dengan memiliki website resmi maka usaha bisnisnya akan dianggap lebih profesional sehingga tingkat kepercayaan pelanggan juga akan meningkat. 

Begitulah cara jual online laris itu.